Wednesday, November 19, 2003

Mengapa Menguap itu Menular?



Dear Bloggerian,

Percaya gak kalo ketika kita menguap, bisa menular kepada orang lain? ketika orang di sebelah kita menguap, mungkin kita juga akan ikut menguap. Bahkan yang lebih parah, ketika kita mencoba memikirkan tentang menguap, sudah bisa dipastikan kita akan menguap.

Sebenarnya menguap itu apa sih? Robert Provine, seorang profesor psikologi dan saraf di Universitas Maryland, di Baltimore County, berpendapat: "menguap adalah perilaku instingtif dan alamiah yang dialami oleh manusia, kita bahkan tidak perlu belajar untuk dapat menguap, karena kita telah menguap bahkan sebelum kita dilahirkan"

Pertanyaannya adalah, apakah mitos bahwa menguap itu menular adalah benar? Ketika seseorang yang sedang berada di dalam suatu kelompok menguap, maka dalam waktu kurang lebih 5-10 menit setengah dari kelompok tersebut akan ikut menguap. Yang mengangetkan, ketika kita melihat orang lain menguap, sudah bisa dipastikan kita akan ikut menguap juga. Hal ini disebabkan karena proses visualisasi yang berkaitan dengan melihat orang menguap akan memicu sel saraf pada otak kita untuk melakukan hal yang serupa. Nah lho........!

Menguap akan semakin menjadi manakala ketika kita kurang tidur. Karena sel otak di kepala kita kekurangan oksigen, karena itu reaksi alamiahnya biasanya kita akan banyak menguap dan diiringi dengan serangan kantuk yang hebat.

eh....satu lagi, kenapa kalo lagi puasa juga kadang mengantuk ya?
udah ah ngantuk niiih......

Salam.

No comments: