Tuesday, October 28, 2003

MARHABAN YA RAMADHAN



Memahami diri sendiri bukanlah hal yang mudah. Mencari kesalahan diri sendiri, pasti sulitnya minta ampun. Apalagi selalu ada perlawanan atau penyangkalan dalam diri untuk mengakui kesalahan-kesalahan itu.

Ketika kita mengumpat, menghujat atau berkata kasar, secara jelas barangkali dapat dikatakan bahwa kita telah berbuat salah. Tapi jikalau sebuah kerlingan mata, sunggingan sebuah senyum, apalagi keluhan, omelan, dan gerundelan dalam hati yang mungkin ratusan atau bahkan ribuan kali setiap hari yang secara sadar atau tidak sadar kita lakukan dapat menjadi noda yang menggelapkan hati, sejatinya, kita terlalu banyak berbuat salah dan kesalahan.

Atas segala yang kiranya tidak atau kurang berkenan bagi teman-temen sekalian, -lahir maupun batin- izinkan saya memohon maaf, semoga sesungguh-sungguhnya permohonan maaf, dan setulus-tulusnya pemberian maaf pula.

Semoga Ramadhan kali ini kira diberi kemudahan oleh Allah dan semoga lebih baik dari Ramadhan-Ramadhan kita sebelumnya. Semoga Allah mengizinkan sesuatu perubahan terjadi dalam Ramadhan ini, yang menjadi sebab bagi setiap kita, untuk semakin dekat kepada-Nya. Amin. Selamat datang Ramadhan. (sl)

No comments: